Selasa, 29 Oktober 2013

Makhluk Kontroversial

Kata "makhluk" dalam kamus besar bahasa indonesia yang berarti sesuatu yang dijadikan atau yang diciptakan Tuhan. Bisa hewan, tumbuhan, dan manusia. Sedangkan kata "kontroversial" dalam kamus besar bahasa indonesia berarti sesuatu yang menimbulkan perdebatan. Maka makhluk kontroversial ini adalah ciptaan Tuhan yang menimbulkan perdebatan.

Dalam hal ini saya akan membahas  tentang orang-orang yang disebut sebagai makhluk kontroversial.
Jika dilihat-lihat, mari kita amati sejenak lingkungan dimana kita tinggal, atau mungkin kantor dimana kita bekerja, atau siapa saja yang pernah kita jumpai dalam hidup kita, pernahkah kalian menemukan sosok yang disebut makhluk kontroversial?  Adakah dari orang-orang yang kau jumpai termasuk dalam kategori makhluk kontroversial? Mengapa saya bertanya "adakah"..? Karena selama pengamatan saya, orang yang dapat disebut sebagai makhluk kontroversial itu jumlahnya sangat sedikit sekali. Mereka-mereka inilah yang biasanya mengundang banyak pertanyaan dan perlawanan dari masyarakat pada umumnya. Biasanya, mereka adalah tipe orang yang radikal dalam pemikiran. Tak malu-malu mengungkapkan apa yang dipikirkannya maupun yang dirasakannya. Ia menerobos batas-batas baik dogma maupun norma dalam masyarakat. Karena ia tak ingin terikat oleh apapun. Ia hidup sebagai pribadi yang bebas.

Ia juga dianggap pembangkang karena ia akan melawan apapun yang menurutnya tidak sesuai dengan apa yang dipikirkannya. Orang-orang seperti ini sangat langka. Biasanya mereka bagian dari orang-orang besar. Orang-orang yang dianggap gila oleh kebanyakan orang. Orang-orang yang dibenci tetapi juga dicintai. Orang-orang mempunyai cita-cita untuk mengubah dunia. Mereka selalu ingin memengaruhi siapapun. Perilaku mereka juga seenaknya. Tak mau dan tak dapat diatur. Mereka memiliki keyakinan yang kuat terhadap apa yang mereka harap dan yakini.

Pada dasarnya orang-orang ini adalah orang-orang yang terasing, yang merasa kesepian, yang sulit dipahami oleh kebanyakan orang. Mereka tak mau menuruti siapapun. Mereka murni menjadi dirinya sendiri.

Adakah seseorang di dalam hidupmu yang termasuk dalam kategori makhluk kontroversial? Ataukah jangan-jangan dirimu sendiri?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar