Jumat, 01 November 2013

Darimana-Kemana?

Manusia, entah dari mana asal muasalnya. Pemuka agama bilang dari sepasang manusia pertama bernama Adam dan Hawa. Darwin bilang asal mula manusia dari seekor kera. Setiap orang punya hak untuk memercayai apa yang dipercayainya. Sebagian lagi mencari tahu melalui sains. Masing-masing bebas untuk mencari tau melalui metode apapun.

Lalu ke manakah kita akan menuju kelak? Setelah nafas terakhir yang dihembuskan, apakah masih ada kehidupan lagi bagi manusia?
Masa lalu-asal mula, masa depan-tujuan, misteri yang tak pernah habis dikuak sejak berabad-abad silam. Karena kemampuan manusia yang terbatas, sehingga melupakan apa yang pernah dialaminya sebelum mereka dilahirkan sama dengan ketika manusia tak pernah mampu untuk melihat apa yang terjadi di masa depan-ketika mereka meninggalkn hidup yang pernah dijalaninya di dunia ini. Rahasia yang hanya diketahui oleh sang rahasia sendiri.

Setiap manusia mengalami amnesia. Tak ada yang ingat apa yang pernah dilakukannya ketika berada di dalam kandungan. Setiap manusia mengalami kebutaan, tak ada yang tau apa yang kelak akan dihadapi sesudah kematian.


Kita hanya perlu menyadari bahwa kita tidak tahu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar