Rabu, 20 November 2013

Tuhan, Iblis, Adam, dan Hawa

Saya masih tak mengerti, mengapa sampai saat ini masih saja tersebar luas cerita yang menceritakan bahwa Hawa (perempuan) adalah penyebab terusirnya Adam (laki-laki) dari surga. Bahkan ada yang mengatakan, jika bukan karena menuruti bujuk rayu Hawa untuk memakan buah terlarang, kita semua masih berada di dalam surga. Kita semua tak akan merasakan penderitaan hidup di dunia ini. Dan Hawa adalah penyebabnya, karena ia lah yang pertama kali mendengarkan rayuan Iblis.

Padahal, sebelum diciptakanNya Adam dan Hawa, bukankah Tuhan telah melakukan perbincangan dengan para malaikat bahwa Dia akan menciptakan manusia sebagai khalifah di muka Bumi?

Saya curiga, jangan-jangan diciptakanNya Hawa bukanlah semata sebagai obat penawar kesepian Adam. Begitu juga Iblispun tak semata sebagai penggoda manusia. Namun justru sebagai bagian dari rencana Tuhan untuk menjadikan manusia sebagai khalifah di Bumi.

Atau... Barangkali Adam terlalu betah di surga sehingga jika Tuhan tak membuatnya melanggar laranganNya, ia tak mau turun ke Bumi untuk mengemban tugas yang diamanatkan kepadanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar